Minggu, 29 Juli 2018

Kacangan

A.          Pengertian Kacang-Kacangan
Hasil gambar untuk gambar kacang-kacangan
https://www.google.co.id/search?q=gambar+kacang-kacangan&tbm=isch&source=iu&ictx=1&fir=T8Acmdg70-VZhM%253A%252CMkEf2Ayg5WPFWM%252C_&usg=__rgYJh3ZGEkWAbh0qX7hz31f6uQM%3D&sa=X&ved=2ahUKEwi-zISjh8TcAhWSfn0KHTYmDLgQ9QEwB3oECAYQEg#imgrc=T8Acmdg70-VZhM:
Kacang merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh karena mengandung beragam nutrisi penting seperti protein, vitamin, mineral, dan lemak sehat. Para pakar kesehatan mengatakan bahwa ada banyak jenis kacang-kacangan yang bisa dipilih sebagai camilan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari. Bahkan, laporan terbaru dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang dewasa yang memasukkan kacang ke dalam menu harian mereka, mengalami dampak yang positif terhadap penurunan berat badan serta perubahan ukuran lingkar pinggang mereka.
Kacang-kacangan mengandung sejumlah besar serat pangan dengan satu cangkir kacang yang telah dimasak mengandung 9-13 gram serat. Serat pangan yang terlarut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Kacang-kacangan juga mengandung protein, karbohidrat kompleks, folat, dan besi.
Kandungan protein, lemak sehat, mineral dan berbagai vitamin sangat penting bagi kelangsungan kesehatan mereka yang mengkonsumsi kacang. Selain itu sejumlah kacang juga digunakan sebagai campuran makanan, baik itu makanan utama maupun hidangan penutup atau dessert.
Kacang-kacangan merupakan salah satu jenis tanaman heliotropik; daun mereka akan menghadap ke arah matahari di siang hari. Di malam hari, daun mereka tergulung.
Beberapa jenis kacang yang masih mentah, terutama kacang merah, mengandung toksin lektin fitohaemagglutinin yang dapat dirusak rantai proteinnya dengan cara memasaknya dengan cara merebusnya di air mendidih setidaknya selama 10 menit. Memasak kacang merah pada temperatur yang rendah tidak merusak toksin.
Kacang-kacangan merupakan sumber protein utama masyarakat Kenya, Malawi, Tanzania, Uganda, dan Zambia. Fermentasi dilakukan di berbagai tempat di Afrika untuk membersihkan toksin. Fermentasi juga meningkatkan nilai nutrisi dari tepung kacang dan meningkatkan kemudahan mencerna kacang.
sumber :https://artikely.wordpress.com/2017/12/10/kacang-kacangan-pengertian-kandungan-dan-manfaat-kacang-jenis-kacang-dan-olahannya-teknik-pengolahan-bahan-pangan-kacang-kacangan/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar