Minggu, 29 Juli 2018


B. JENIS-JENIS KACANG-KACANGAN DAN MANFAATNYA


1.Kacang Pistachio

Hasil gambar untuk gambar kacang pistachio
https://artikely.wordpress.com/2017/12/10/kacang-kacangan-pengertian-kandungan-dan-manfaat-kacang-jenis-kacang-dan-olahannya-teknik-pengolahan-bahan-pangan-kacang-kacangan/
Pistachio adalah sumber potassium, vitamin B6, tembaga, dan mangan yang sangat baik. Pistachio menurunkan kadar gula darah dan mengemilnya memiliki efek menguntungkan pada obesitas, radang dan kontrol glikemik. Ini juga memiliki kolesterol nol, yang bagus untuk pecinta penurun berat badan.                                                    https://www.rasio.co/10-jenis-kacang-dan-manfaat-bagi-kesehatan/                             Bijinya yang hijau cerah digunakan penghias makanan. Selain dimakan sebagai camilan, kacang ini juga sering digunakan sebagai isipie, biskuit, es krim atau kue-kue. Seperti halnya almond, pistacio kaya akan protein dan potasium.
Kacang pistachio mengandung kalori yang rendah. Seporsi kacang pistachio menyediakan 12 persen kebutuhan serat harian anda. Hampir 90 persen kandungan lemaknya adalah lemak tak jenuh (lemak sehat). Kacang ini juga kaya akan vitamin B6 dan thiamin. Pistachio adalah salah satu sumber terbesar antioksidan diantara semua jenis kacang serta dapat membantu mengurangi kolesterol dan menurunkan tekanan darah.
Sama seperti kacang pada umumnya, pistachio juga bisa diolah atau menjadi bahan pembuat berbagai masakan. Salah satu masakan yang menggunakan pistachio sebagai bahannya adalah French Macaron.
Makanan ini pada dasarnya adalah merigue-based cookies dengan macam-macam variasi filling. Macaron tebuat dari putih telur, gula dan almond bubuk. Variasi filling macaron sangat banyak, seperti cokelat, vanila, lemon, teh hijau, rapsberry, caramel, pistachio dan masih banyak lagi. Warna macaron yang menarik menjadikan kue mungil ini ikon mode baru di Paris . Hampir setiap pojok Paris ada yang menjual kuel kecil ini. Bahkan kue ini juga bisa ditemukan di Mccafe Champ Elysee.
Pistachio macarons membutuhkan adonan dasar 10 gram kacang pistachio yang digiling halus plus sedikit pewarna makanan hijau. Bahan fillingnya 90 gram pistachio, 25 gram gula, serta 20 gram whipping cream. Sebagian langkah cara membuat french macaron pstachio adalah rendam pistachio dalam air panas selama 10 menit sampai kulitnya lembut. Kupas kulit pistachio dan panggang dalam oven 150 derajat selama 10 menit. Terakhir blender semua bahan filling.
https://artikely.wordpress.com/2017/12/10/kacang-kacangan-pengertian-kandungan-dan-manfaat-kacang-jenis-kacang-dan-olahannya-teknik-pengolahan-bahan-pangan-kacang-kacangan/
2. Kacang Mete
Hasil gambar untuk gambar kacang mete
https://www.google.co.id/search?q=gambar+kacang+mete&tbm=isch&source=iu&ictx=1&fir=Yze_cEVbscEp3M%253A%252Cebs4Np07HaLAFM%252C_&usg=__oJ9iwzueV5RLRsWVRLk4KQPTLjs%3D&sa=X&ved=2ahUKEwihuPCEjMTcAhVWbysKHT18CywQ9QEwA3oECAUQCg#imgrc=Yze_cEVbscEp3M:

Kacang mete merupakan biji dari buah jambu monyet. Jambu monyet atau jambu mede (Anacardium occidentale) adalah sejenis tanaman dari suku Anacardiaceae yang berasal dariBrasil dan memiliki “buah” yang dapat dimakan. Yang lebih terkenal dari jambu mede adalah kacang mede, kacang mete ataukacang mente; bijinya yang biasa dikeringkan dan digoreng untuk dijadikan berbagai macam penganan. Secara botani, tumbuhan ini sama sekali bukan anggota jambu-jambuan (Myrtaceae) maupun kacang-kacangan (Fabaceae), melainkan malah lebih dekat kekerabatannya dengan mangga (suku Anacardiaceae).

Kacang mete memiliki lebih dari dua kali lipat zat besi untuk 1 ons daging sapi. Kacang ini juga menyediakan 38 persen tembaga untuk kebutuhan harian tubuh anda. Jika anda kekurangan tembaga, maka anda berisiko mengalami anemia, osteoporosis, dan arthritis. Risiko lainnya adalah meningkatnya kadar kolesterol LDL anda, dan tubuh anda jadi lebih mudah terkena infeksi. Kacang mete juga merupakan sumber zat seng, dimana zat ini memainkan peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, seng juga dapat membantu penyembuhan luka. Kacang mete memiliki lebih sedkit lemak per porsi dari hampir semua kacang yang lain.
Secara tradisional kacang ini biasanya digoreng sebagai nyamikan teman minum teh atau kopi; sedangkan secara modern kini umum dijumpai sebagai pengisi dan penghias penganan semacam coklat dan kue-kuean.
Meskipun dianggap sebagai kacang di dalam dunia boga, dalam ilmu botani kacang mete sebenarnya merupakan biji tunggal dari buah sejatinya. Biji ini dikelilingi oleh cangkang ganda yang mengeluarkan getah yang mengandung urushiol, yang dapat mengakibatkan iritasi pada kulit manusia. Beberapa orang alergi terhadap kacang mete, tetapi sesungguhnya kacang mete jarang mengakibatkan alergi pada manusia jika dibandingkan dengan kacang lainnya.
Dari kacang mete juga dapat diekstrak minyak yang berkualitas tinggi. Hasil sampingnya, yakni kulit biji, dimanfaatkan untuk pakan unggas. Sejenis minyak juga dihasilkan dari cangkang buah mete (CNSL, cashew nut shell liquid), yang dipakai dalam industri dan juga sebagai bahan untuk mengawetkan kayu atau jala.
3. Kacang Pecan
Gambar terkait
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTqMjcyfmJHl4vYcOgHcSfyrreolkmHs9Tz1_xx-bjpa46bJMy8ekErVKGvwm8BPzeFVeDtuJjvHen8Rc70ScIkHJXXgpVhN6273T-L5x-Md24K0oWy7wO6jiKoXezuXetF3P6kv8KqXA/s1600/pecan.jpg
Pohon Pecan (Carya illinoinensis) adalah salah satu spesies tumbuhan berdaun majemuk yang berasal dari bagian tenggaraAmerika Utara, yaitu dari Iowa Selatan dan Indiana Selatan sehingga Texas dan Mississippi. Selain Texas dan Mississippi, ia juga tumbuh subur di Oklahoma, Louisiana, Carolina Selatan dan negeri-negeri tenggara Amerika Serikat yang lain, serta tumbuh juga di Timur Laut Mexico.
Pohon Pecan adalah pohon daun luruh yang dapat tumbuh kurang lebih di dalam zona lazak Jabatan Pertanian Amerika Serikat(USDA) antara 5 hingga 9, asalkan musim panas adalah cukup panas dan lembap. Ia dapat hidup dan menghasilkan biji terus menerus sampai lebih dari 300 tahun, dan merupakan salah satu spesies majemuk yang paling besar. Musim menuai Pecan secara tradisi adalah pada sekitar pertengahan bulan Oktober.
Biji Pecan merupakan salah satu sumber protein dan lemak nabati yang baik. Penelitian telah menunjukkan bahwa diet yang kaya dengan biji dapat menurunkan risiko wanita terhadap batu empedu.  Bahan-bahan antioksida dan sterol tumbuhan daripada biji Pecan telah dibuktikan dapat mengurangi kolesterol yang tinggi dengan menurunkan tingkat LDL yang buruk.
Penelitian menunjukkan bahwa makan seporsi pecan setiap hari dapat membantu melindungi anda terhadap degenerasi neuron motorik terkait usia dan gangguan seperti penyakit Lou Gehrig. Ada bukti juga bahwa pecan dapat mencegah penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol. Pecan mengandung 60 persen lemak tak jenuh tunggal dan juga mengandung lebih dari 19 vitamin dan mineral.
4. Kacang Kenari
Hasil gambar untuk gambar kacang kenari
Kacang kenari adalah sebuah kacang dari berbagai pohon bergenus Juglans (Keluarga Juglandaceae), yang sebagian besar adalah kacang kenari Persia atau Inggris, Juglans regia. kacang tersebut digunakan untuk makanan setelah diproses ketika masih berwarna hijau untuk membuat makanan dengan rasa asam atau ketika sudah matang untuk diambil daging kacang-nya. Daging biji kacang kenari hitam timur dari Juglans nigra secara komersial kurang tersedia, seperti halnya daging kulit atau yang telah dikupas kulitnya.
https://www.google.co.id/search?q=gambar+kacang+kenari&tbm=isch&source=iu&ictx=1&fir=gYPIbQW5dH85KM%253A%252CEsbSoSeReJeeYM%252C_&usg=__pbA9jYbjaXJQTFY33Zc_nj7c84A%3D&sa=X&ved=2ahUKEwjX9drxjsTcAhWWfH0KHeBXAToQ9QEwBHoECAUQDA#imgrc=eq6rK46xZkE4dM:
Produksi kacang kenari di seluruh dunia meningkat pada tahun-tahun terkini, dengan peningkatan terbesar datang dari Asia. Dunia memproduksi 2.55 juta ton metrik kacang kenari pada 2010; China adalah produsen kacang kenari terbesar di dunia, dengan hasil panen sebesar 1.06 juta ton metrik. Produsen utama kacang kenari lainnya adalah (disusun berdasarkan jumlah hasil panen): Iran, Amerika Serikat, Turki, Ukraina, Meksiko, Rumania, India, Perancis dan Chili.
Rata-rata hasil panen kacang kenari di seluruh dunia adalah sekitar 3 ton metrik per hektar, pada 2010. Di antara produsen-produsen utamanya, negara-negara Eropa timur memiliki hasil panen tertinggi. Menurut FAO, kebun-kebun kacang kenari paling produktif pada 2010 berada di Rumania, dengan hasil lebih dari 23 ton metrik per hektar.
Amerika Serikat adalah eksportis kacang kenari terbesar di dunia. Lembah Sacramento dan San Joaquin di Californiamenghasilkan 99 persen dari kacang kenari Inggris komersial di negara tersebut.
Kacang kenari adalah bahan utama dari Fesenjan, sebuah khoresh (hidangan berkuah) dalam masakan Iran.
Kacang kenari menjadi kacang terunik karena kaya akan omega tiga yang bagus untuk kesehatan jantung. Selain itu, kenari juga kaya akan lemak tak jenuh ganda yang dapat melindungi tubuh dari resiko diabetes tipe 2. Dalam sebutir kacang kenari juga terkandung 190 kalori dan 18 gram lemak. Kacang kenari ternyata tidak hanya bisa dijadikan bahan untuk membuat kue, tapi juga makanan olahan lainnya.
5. Kacang Tanah
Gambar terkait
https://www.google.co.id/search?q=gambar+kacang+tanah&tbm=isch&source=iu&ictx=1&fir=N9rBcO90qPywIM%253A%252CtoepCwhWDAoa0M%252C_&usg=__tk-phdW8VCTWNuGMyDJf9dyA8_U%3D&sa=X&ved=2ahUKEwjf2dSNkMTcAhXBe30KHTBuCfYQ9QEwAXoECAYQBg#imgrc=N9rBcO90qPywIM:
Banyak istilah atau sebutan untuk kacang yang satu ini, mulai dari kacang tanah, kacang una, suuk, kacang jebrol, kacang bandung, kacang tuban, kacang kole dan masih banyak lagi. Kacang ini memang sangat akrab dengan lidah masyarakat Indonesia karena kerap menjadi camilan atau bahan untuk membuat makanan. Biji-bijian yang umumnya disebut kacang tanah ini merupakan sejenis tanaman tropika perdu setinggi 30 hingga 50 sentimeter. Penelitian menemukan bahwa kacang tanah merupakan pilihan yang baik untuk menjaga tingkat kolesterol. Kacang ini menyediakan banyak protein dibanding kacang lainnya. Kacang tanah juga mengandung 170 kalori dan 14 gram lemak.
Kacang tanah mengandung jumlah folat yang tinggi, vitamin yang memainkan banyak peran dalam tubuh, termasuk membantu membentuk materi genetik di semua sel dan memungkinkan pembentukan sel darah merah. Peran paling penting dari folat adalah mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir. Kacang tanah juga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan berpotensi mencegah diabetes tipe 2.
Kacang tanah juga dikenal sebagai kacang tanah dan bisa dimakan mentah yang memberi keajaiban bagi kulit. Karena banyaknya manfaat kesehatannya, kacang tanah dimakan sebagai camilan yang populer. Mereka juga mengandung mangan tingkat tinggi yang membantu dalam menjaga kadar gula darah dan juga meningkatkan daya ingat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar