Rabu, 28 Agustus 2019

Prinsip Kerajinan Bahan Limbah Keras


PRINSIP KERAJINAN BAHAN LIMBAH KERAS


Pengolahan limbah keras maupun organik memiliki prinsip sama yaitu dengan 3R (reduce, reuse, dan recycle.) Recycle(mengolah kembali barang-barang bekas menjadi barang-bahan lain, seperti kerajinan tangan.)Reduce(mengurangi penggunaan bahan-bahan yang sulit untuk diuraikan, seperti plastik, karet, kaca.) Reuse(menggunakan kmbali barang tesebut menjadi barang lain, seperti bekas kaleng cat menjadi pot)Reduce, reuse, dan recycle dalam proses pembuatan produk kerajinan harus selalu dijalankan. Tindakan dapat meminimalisir sampah yang dihasilkan dalam proses produksi kerajinan. 

Penggunaan bahan limbah keras untuk dirancang menjadi sebuah  produk kerajinan tidaklah mudah. Kita harus memiliki motivasi yang besar  dalam proses kreatif dan mengatasi masalah limbah di lingkungan, sehingga    tidak sulit untuk melahirkan rancangan yang besar.  Kita perlu mengetahui dan memahami prinsip dasar yang membangun kesadaran bahwa men desain bahan limbah keras merupakan proses menata ulang kebermanfaatan dari sebuah produk yang telah hilang nilai gunanya. Seperti yang telah  diuraikan pada bab terdahulu bahwa seharusnya sebuah rancangan  bersifat berkelanjutan (sustainable design), tidak hanya cukup secara ekonomi saja, tetapi harus mengintegrasikan isu-isu lingkungan, sosial, dan budaya ke dalam produk. Hal tersebut agar desain lebih dapat bertanggung jawab dalam menjawab tantangan dalam masyarakat global. Begitu juga seorang desainer produk harus memahami pentingnya pemahaman ini.

Proses kreatif akan ditemukan saat seseorang telah memperoleh daya serap, imajinasi melalui pengetahuan terhadap materi bahan, alat dan proses yang akan ditekuninya. Pengetahuan bahan limbah keras, penggunaan alat dan kemampuan keteknikan dalam bertukang akan melahirkan sebuah proses kreatif itu sendiri. Jadi, kreativitas harus diupayakan tercipta dengan banyak langkah. Setelah kreativitas muncul maka akan melahirkan produk. 

Prinsip Kerajinan Limbah Keras





Tidak ada komentar:

Posting Komentar