Rabu, 31 Juli 2019

INSTALANSI LISTRIK

Instalasi Listrik

Pekerjaan instalasi listrik dilakukan bersamaan dengan pekerjaan rangka plafond. Dimaksudkan instalasi adalah semua pendukung jaringan instalasi listrik antara lain pengadaan dan pemasangan pipa listrik, tee dus, kabel, saklar, stop kontak, lampu, panel listrik, dan perlengkapan lainnya. Instalasi listrik merupakan pekerjaan yang sangat penting dan perlu diperhatikan. Untuk itu harus benar – benar jeli pada waktu perencanaan dan pelaksanaannya, seperti pemilihan jenis kabel yang akan dipasang, diameter kabel, penempatan saklar, stop kontak, panel, sambungan – sambungan kabel dan perlengkapan yang lain.
A. Instalasi Titik Lampu
Jumlah seluruh lampu adalah 21 titik. Cara menghitung volume titik lampu adalah menjumlahkan semua lampu baik yang ada di dalam dan luar ruangan (taman) yang tertera pada denah bangunan dengan satuan titik (ttk).
B. Instalasi Titik Daya Stop Kontak
Jumlah pasangan stop kontak adalah 10 titik. Cara menghitung volume titik daya stop kontak adalah menjumlahkan semua pasangan stop kontak, baik yang ada di dalam dan di luar ruangan dengan satuan titik (ttk).
C. Lampu
Lampu yang biasa dipasang di rumah, antara lain lampu pijar dan lampu taman.
1. Lampu Pijar
Ruangan yang akan dipasang lampu pijar ada 16 buah. Cara menghitung volume lampu pijar adalah menjumlahkan semua ruangan yang akan dipasang lampu pijar baik yang di dalam dan luar ruangan pada denah bangunan dengan satuan buah (bh).
2. Lampu taman
Jumlah lampu taman yang akan dipasang pada taman baik taman dalam rumah atau luar adalah 5 buah. Volume lampu taman dihitung dengan cara menjumlahkan semua lampu taman, baik taman dalam rumah maupun luar rumah dengan satuan buah (bh).

D. Panel Listrik

Untuk rumah yang sederhana dan tidak bertingkat cukup dipasang satu buah panel listrik. Jumlah panel listri yang akan dipakai pada rumah ini adalah 1 buah. Volume panel listrik dihitung dengan cara menjumlahkan panel listrik yang akan dipasang dengan satuan bauah (unit).

E. Penyambungan Daya Lisrik ke PLN

Satuan dalam menghitung volume daya listrik umumnya dengan lum sum (Ls). Volume penyambungan daya listrik ke PLN diperkirakan menurut daerah lokasi penyambungan daya listrik dan kebutuhan daya listrik untuk rumah tersebut. Untuk rumah sederhana dan tidak bertingkat biasanya memakai daya listrik antara 900 watt sampai 1.300 watt tergantung peruntukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar